Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Mobile Logo Settings

Mobile Logo Settings
image

Tags

Trend Digital Marketing di Era Industri 4.0. Sudah Tahu Sejarahnya?

Share it:

Trend Digital Marketing di Era Industri 4.0. Sudah Tahu Sejarahnya?


Digital Marketing di era industri 4.0 saat ini menjadi salah satu faktor utama kunci keberhasilan sebuah produk dalam pemasaran. Bagaimana tidak, internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan yang sudah tidak dapat dipisahkan lagi dalam kehidupan karena segalanya dapat diakses secara instan. Konsumen dapat dengan mudah mendapatkan barang atau jasa yang diperlukannya melalui internet karena promosi yang dilakukan pun juga melalui internet atau kerap disebut secara digital. Namun, bagaimana dengan konsep promosi secara digital atau digital marketing itu sendiri? Simak penjelasannya berikut ini!


Apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan promosi sebuah produk atau jasa dari perusahaan atau brand melalui jaringan internet dengan bantuan berbagai media sosial. Nah kegiatan promosi ini dilakukan melalui berbagai macam cara yang menarik dan eye catching dengan satu tujuan: menarik konsumen. Secara tujuan memang sederhana, tapi beribu cara digital marketing yang dicoba, belum tentu dapat berhasil dalam satu kali percobaan. Kok bisa ya, digital marketing ini berkembang? Dari mana awalnya?


Awal Mula Maraknya Digital Marketing

Secara kronologis, digital marketing ini dimulai pada tahun 1991 bersamaan dengan munculnya istilah “world wide web” atau yang banyak orang ketahui sebagai “www.” yang ada di setiap awalan laman internet. “Www.” ini merupakan kumpulan sumber daya internet yang didalamnya bisa diisi oleh foto, video, teks hyperlink, dan situs jarak jauh yang dapat diakses oleh browser berdasarkan standar HTTP dan TCP/IP. Duh, sulit dipahami ya? Secara sederhana, digital marketing ini sudah ada semenjak ditemukannya web di internet. Awalnya, digital marketing ini berbentuk banner produk terkait yang dapat diakses untuk melihat promosi produk  tersebut. Tiga tahun berlalu, Yahoo! mengembangkan webnya menjadi e-commerce pertama yang memiliki 16 juta pengguna pada masanya sebelum pada akhirnya mengalami kebangkrutan karena masifnya perkembangan teknologi dengan berbagai ragam munculnya e-commerce lainnya. Barulah pada tahun 2000an, munculnya media sosial di tengah masyarakat membuat digital marketing semakin “naik daun” melalui tawaran layanan adsnya seperti Facebook ads. Inilah yang menjadi salah satu faktor masyarakat berbondong-bondong melakukan kegiatan belanja secara online dan beralih dari cara konvensional. Hmm, menarik juga ya ternyata bagaimana dampak dari digital marketing ini terhadap kebiasaan jual-beli masyarakat? Kalau kamu sendiri bagaimana, peeps? Apakah lebih nyaman berbelanja secara digital, atau secara langsung?

Referensi

“Campus Digital.” n.d. Campusdigital.id. Accessed July 18, 2023. https://campusdigital.id/artikel/konsep-dan-sejarah-digital-marketing?ref=farisfanani

Nugroho, Andy. 2021. “Pengertian WWW (World Wide Web) Lengkap Dan Fungsinya.” Qwords. January 21, 2021. https://qwords.com/blog/pengertian-www-world-wide-web/

Rifky, Nando. 2021. “Menilik Perkembangan Digital Marketing Di Indonesia Serta Tren Masa Kini.” Www.goodnewsfromindonesia.id. November 20, 2021. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/11/10/menilik-perkembangan-digital-marketing-di-indonesia-serta-tren-masa-kini


Share it:

Education

Technology

Post A Comment:

0 comments: