Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Mobile Logo Settings

Mobile Logo Settings
image

Tags

Mengenal Budaya FOMO di Kalangan Milenial dan Gen-Z. Apakah Kamu Salah Satunya?

Share it:

Mengenal Budaya FOMO di Kalangan Milenial dan Gen-z. Apakah Kamu Salah Satunya?


Apakah kamu pernah mendengar kata FOMO di media sosial belakangan ini? Dengan maraknya berbagai kejadian yang terjadi, kata FOMO ini seringkali muncul di berbagai media sosial dan digunakan untuk mendeskripsikan “ketertinggalan”. Singkatnya, FOMO merupakan akronim dari (Fear of Missing Out) yang jika diartikan, munculnya perasaan resah dan takut akan ketertinggalan dari suatu trend atau hal-hal yang dibicarakan orang banyak tanpa diketahui. Menurut kamus Merriam-Webster, FOMO diartikan sebagai “fear of not being included in something (such as an interesting or enjoyable activity) that others are experiencing”. Jadi bisa dikatakan kalau istilah FOMO ini muncul karena rasa takut dan kekhawatiran sendiri karena merasa asing dengan pengalaman yang banyak orang lain rasakan.

Budaya FOMO ini seringkali digunakan dalam konteks trend dan gaya hidup di kalangan milenial dan Gen-Z. Sebagai contoh, ketika konser Blackpink digelar di Jakarta pada Maret lalu, banyak dari kalangan penggemar K-Pop menggunakan istilah ini untuk melabeli non penggemar K-Pop yang turut meramaikan konser tersebut dengan membeli tiket untuk menonton. Label FOMO disematkan kepada orang-orang yang turut menonton namun melakukan tindakan yang merugikan penonton lainnya yang notabenenya didominasi oleh BLINKS; sebutan bagi penggemar Blackpink. 

Lalu, kalau contoh kasus yang paling sering dijumpai di sehari-hari itu bagaimana ya? Buat kamu yang masih termasuk ke dalam golongan milenial dan Gen-Z, kamu pasti pernah merasa minder atau overthinking kan tentang pencapaian teman sejawatmu atau sekadar melihat kehidupan orang lain di media sosial? Nah, perasaan itulah yang disebut FOMO karena kamu merasa tertinggal dan berharap berada di situasi atau phase yang sama dengan mereka. Akibatnya, muncullah budaya hustling yang menimbulkan situasi yang menormalisasikan overwork dan workaholic menjadi sesuatu yang membanggakan. Padahal, langkah setiap orang berbeda-beda, kan? Tidak seharusnya kita membandingkan diri dengan langkah orang lain karena bagaimanapun, titik mulai setiap orang pun tidak ada yang sama. 

Lantas, apakah ada cara agar kamu gak terjebak di budaya FOMO ini? Ada banget, dong! Berikut tips-tips agar kamu bisa menghalau perasaan FOMO dan sedikit demi sedikit bisa lebih damai dengan kehidupan kamu.

  1. Kurangi frekuensi menggunakan media sosialmu ketika ada kesempatan. Misalnya ketika kamu sedang berlibur, coba manfaatkan waktumu untuk benar-benar menikmati waktu liburan tersebut dengan menjauhkan gadgetmu hanya untuk sekedar scrolling media sosial. Atau ketika tidak sedang liburan pun, kamu bisa mengatur waktu untuk menggunakan media sosialmu hanya ketika benar-benar dibutuhkan dan berfokus lebih kepada apa yang kamu kerjakan.

  2. Perbanyak waktu bersosialisasi secara langsung dibanding membuka media sosial. Percakapan yang dilakukan secara langsung tidak akan membuatmu merasa FOMO karena kamu bisa membicarakan kehidupan lawan bicaramu dari seluruh sisi, tidak hanya dari sisi baiknya saja. Dari perbicaraan tersebut, kamu pasti mengetahui kalau phase mereka saat ini telah melalui berbagai macam rintangan. 

  3. Mencoba untuk berani mengatakan “tidak” apabila ada yang mengajak atau menyuruhmu melakukan hal-hal yang tidak biasanya kamu lakukan. Sebagai contoh, apabila ada yang mengajakmu menonton konser seorang musisi yang tidak begitu kamu sukai, sangatlah wajar apabila kamu menolak ajakan mereka. Jangan hanya karena teman-temanmu menonton, maka kamu juga  harus menonton. 

Jadi begitulah peeps mengenai budaya FOMO yang sedang marak di tengah generasi Milenial dan Gen-Z. Apakah kamu pernah merasakan FOMO?

Referensi:

Anggraeni, Ellynda. 2021. “Fear of Missing out (FOMO), Ketakutan Kehilangan Momen.” Www.djkn.kemenkeu.go.id. June 8, 2021. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13931/Fear-Of-Missing-Out-FOMO-Ketakutan-Kehilangan-Momen.html

Laurence, Emily . 2022. “The Psychology behind the Fear of Missing out (FOMO).” Forbes, September 30, 2022. https://www.forbes.com/health/mind/the-psychology-behind-fomo/

Media, Kompas Cyber. 2023. “Arti FOMO, Bahasa Gaul Yang Lagi Viral Belakangan Ini Di Twitter Halaman All.” KOMPAS.com. March 16, 2023. https://tekno.kompas.com/read/2023/03/16/15450077/arti-fomo-bahasa-gaul-yang-lagi-viral-belakangan-ini-di-twitter?page=all



Share it:

Entertainment

Post A Comment:

0 comments: