Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Mobile Logo Settings

Mobile Logo Settings
image

Tags

Skill yang Harus Dimiliki seseorang untuk Sukses Jadi Pengusaha

Share it:
       Saat sekarang ini banyak kalangan muda mulai berrami-ramai membangun usaha atau bisnis sendiri. Mereka tidak mau terikat dengan pekerjaan pada orang lain. Buktinya, banyak podak baru yang muncul ke pasaran yang memiliki nilai jual yang tinggi. Semua ini muncul dari kalangan muda.
Meskipun menjadi seorang pengusah menyenangkan dengan cerita yang sangat menggiurkan, tidak jarang banyak pengusaha di awal jatuh ke jurang kegagalan dan mengisahkan kisah yang sangat pilu.
Mulai dari terikat utang yang besar, keluarga dan teman-teman yang mulai menjauh dengan berbagai alasan tidak jelas. Tidak jarang banyak pasangan yang bercerai karena kegagalan yang menimpa usaha mereka.
Masalahnya untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses kita harus belajar di sekolah kehidupan secara otodidak. Sekolah formal tidak mengajarkan kita bagaimana memulai sebuah bisanis, mengelola, maintenance, dan membesarkan usaha yang telah ada. Disinilah banyak kisah-kisah kegagalan demi kegagalan yang bermunculan. Sampai pada akhirnya tidak jarang banyak orang berhenti dan menggantungkan hidup mereka pada orang lain.
Ada dua aspek yang bisa kita lihat dari pengusah sukses. Mindset dan skill yang mereka miliki. Dengan meniru kedua aspek tersebut maka kita layak berharap mendapatkan hasil seperti pengusaha sukses.
Di artikel ini, kita khusus akan membahas skill yang harus dimiliki jika ingin menjadi seorang pengusaha sukses di masa depan.

1. Kepemimpinan
Inilah skill yang wajib hukumnya untuk dimiliki jika Anda ingin sukses menjadi pengusaha. Tanpa skill kepemimpinan yang kuat Anda tidak akan bisa memiliki usaha yang bertahan dalam waktu yang lama. Tanpa skill ini semua yang Anda lakukan tidak akan bisa mencapai puncaknya.
Dengan alasan itulah banyak pelatihan yang menekankan kepada kepemimpinan. Mereka mengajarkan bagaimana cara menjadi pemimpin yang dihormati dan memiliki pengaruh yang kuat. Bagaimana mengerakan tim dengan penuh motivasi dan keinginan untuk maju bersama dengan Anda, bagaimana mememukan tim yang tepat dan masih banyak hal-hal yang bisa dipelajari untuk menjadi seorang pemimpin yang dihormati.

2. Komunikasi
Yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Skillkomunikasi sangat berkaitan dengan hubungan antar manusia. Dalam usaha yang Anda mainkan, Anda tidak bisa lepas dengan manusia, seperti berurusan dengan karyawan, pelanggan, mengurus surat ijin, dan semua badan yang terkai mulai dari pembentukan prodak sampai ketangan pelanggan Anda. Untuk memiliki komunikasi yang baik, Anda bisa belajar sendiri atau kepada orang yang sukses di bidangnya. Belajar otodidak bisa Anda lakukan dengan membaca buku atau menonton vidio yang berkatian dengan teknik-teknik komunikasi.

3. Hukum
Hukung sangat penting dalam membangun usaha terutama jika prodak yang Anda miliki adalah baru dalam pasar. Agar prodak Anda tidak mudah ditiru oleh kompetitir maka Anda butuh kekuatan hukum dalam menjaga keunikan prodak Anda. Mulai dari lebel, warna, logo, prodak, kualitas, dan semua bagian-bagian penting dalam usaha Anda.

4. Mengatur Arus Kas
Ini adalah bagian penting dalam sebuah usaha. Tidak mungkin sebuah usaha bisa berjalan dan bertumbuh jika tidak ada profit. Dalam memulai usaha semua biaya operational Anda membutuhkan uang tunai. Tentunya Anda harus bisa menggunakan uang tersebut dengan cerdas dengan semua sumber daya yang perlu Anda miliki. Dibutuhkan kemampuan dalam mengelola keuanga, mulai dari uang keluar dan uang masuk. Anda harus memiliki pertimbangan yang tepat agar uang yang ada tidak terbuang percuma untuk hal-hal yang tidak penting. Anda juga harus cerdas menggunakan uang masuk sebaik mungkin agar usaha Anda bisa terus berjalan dan menghasilkan.

5. Membangun Sistem
Agar usaha bisa berjalan dengan baik, maka Anda perlu membangun sistem didalamnya. Sistem berarti pola yang dimainkan dalam usaha Anda. Sistem inilah yang akan menentukan kecepatan pertumbuhan usaha Anda.
Sistem meskipun terlihat kecil, sepele dan mudah, ia memiliki pengaruh yang sangat besar. Tanpa sistem yang baik, cepat atau lambar usaha yang dijalankan akan gulung tikar. Begitu juga sebaliknya, jika sistem yang dibangun bagus maka keberlangsungan usaha bisa bertahan lama. Keuntungan sistem adalah ia bisa menghemat waktu, uang dan energi Anda.

6. Pemasaran
Selanjutnya Anda harus memiliki kemampuan untuk menjual produk. Tidak ada pilihan lain jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha. Anda harus bisa menjual. Bisa Anda bayangkan bagaimana jadinya perusahaan jika tidak ada penjualan? Profit hanya ada jika ada transaksi dan penjualan. Jadi benar-benar dibutuhkan sebuah kemampuan menjual prodak yang Anda miliki. Tahap ini akan semakin mudah jika Anda memiliki skill komunikasi yang baik tentunya.

7. Belajar tanpa henti
        Ini di luar dari usaha yang Anda mainkan. Mengapa kemauan belajar dibutuhkan seorang pengusaha?
        Tidak ada pengusaha sukses yang tidak mau belajar. Mereka adalah individu yang terus belajar dalam memperbaiki diri dan usaha mereka dalam menerapkan metode-metode baru yang diyakini bisa memajukan perusahaan. Anda bisa melakukanya mulai dari membaca buku atau mengikuti seminar dan pelatihan. Pastikan apa yang dipelajari sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.

Share it:
Location Jakarta, Indonesia
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Technology

Post A Comment:

0 comments: