Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Mobile Logo Settings

Mobile Logo Settings
image

Tags

Ini Dia Tipe-tipe Karakter Online Shopper Berdasarkan Kebiasaan Bersosial Media, Kamu yang Mana?

Share it:

Ini Dia Tipe-tipe Karakter Online Shopper Berdasarkan Kebiasaan Bersosial Media, Kamu yang Mana?




Media sosial adalah wadah digital yang digunakan oleh penggunanya untuk dapat berinteraksi jarak jauh dengan membentuk jaringan komunikasi yang dapat diakses secara publik. Dalam bermedia sosial, penggunanya diharuskan membuat akun pribadi yang akan menjadi identitasnya dalam berinteraksi di platform terkait. Ngomong-ngomong identitas nih peeps, walaupun gak jarang pengguna media sosial ini memalsukan identitasnya, tapi karakter pemilik akun setiap media sosial ini ternyata mempengaruhi karakter mereka dalam berbelanja online, loh! Kira-kira dari analisis seru-seruan ini, kamu yang mana?


  1. Si Instagrammable

Siapa sih di antara kamu peeps yang gak pakai media sosial Instagram? Kayaknya sedikit banget deh masyarakat Indonesia yang gak pakai Instagram. Berdasarkan data dari Napoleon Cat, negara Indonesia adalah negara keempat teratas sebagai pengguna Instagram terbanyak dengan jumlah 106,72 juta akun per Februari 2023. Fitur Instagram yang dibuat untuk menyajikan postingan secara visual, sudah pasti sedikit banyak mempengaruhi karakteristik penggunanya dalam berbelanja online. Karakteristik pengguna Instagram sebagai konsumen yang paling menonjol adalah, mereka cenderung sangat picky dan up-to-date karena katanya, “being instagramable is number one!” Dimanapun, kapanpun, harus camera ready dong! Mau tau brand apa aja yang dipakai? Cek tagged account aja deh di foto.


  1. Si Selebtwit

Spill the tea dong Kak, kalau Tweeps alias pengguna Twitter ini karakternya gimana? Berbeda dengan pengguna Instagram yang anaknya visual banget, Tweeps ini lebih suka merangkai kata-kata lewat “Sebuah Utas” yang mungkin kamu sering lihat di tampilan beranda Twitter-mu. Nah preferensi mereka dalam berkata-kata ini mempengaruhi karakter mereka dalam berbelanja online loh peeps. Mereka cenderung akan ngecek review pembeli lain dulu sebelum memutuskan untuk beli atau enggak. Bintang 3.5/5? Duh kayaknya buat para Tweeps ini langsung di skip aja deh. Bintang 4.8/5? Keranjang kuning auto penuh! 


  1. Si Pinterest Aesthetic

Platform satu ini pasti gak asing buat generasi muda-mudi kekinian yang butuh banyak inspirasi dalam desain atau bergaya. Yep, Pinterest pasti jadi jawaban akhir buat segalanya yang berhubungan dengan “inspirasi” karena beragamnya hasil yang muncul. Nah dengan kemudahan dan variatifnya desain serta karya yang diunggah di Pinterest, pengguna sejati media sosial ini sudah pasti sangat mengutamakan visual. Mirip-mirip sama Instagram, tapi Pinterest ini udah next level karena jumlah interaksinya gak sebanyak di Instagram. Ini artinya, pengguna Pinterest cenderung lebih individualis karena biasanya fitur yang dipakai cuma search-save-pinned to board-scroll-pinned to board dan seterusnya. Ini mempengaruhi cara mereka berbelanja online loh, peeps. Stylish iya, tapi gak mesti up-to-date banget, alias mereka punya trademark tersendiri dalam membeli dan menilai sesuatu. Coba cek deh di antara teman-teman kamu, bener gak sih mereka ini unik dalam membeli sesuatu secara online?


  1. Si Selebtok

Kamu punya teman yang serba tau barang lucu dan berguna plus murah? Coba cek akun TikToknya deh, lalu klik keranjang kuningnya. Yep, bisa dipastikan akun utamanya ada di TikTok deh. Kalau kamu sering liat yang live streaming TikTok sambil jualan, ya itulah alasan utama kenapa si TikTokers ini hantam banget sama yang namanya belanja online. Karakter mereka ini cenderung murah hati dan gak suka gatekeeping loh, peeps! Bahkan uniknya, mereka cenderung suka ngasih informasi sebelum ditanya orang karena banyaknya potongan harga dan bermacam-macamnya barang yang dijual. Apakah kamu salah satunya? 


  1. Si community-driven Facebookers

Hormat dulu deh sama media sosial satu ini yang gak pernah padam popularitasnya. Ibarat “aged like fine wine”, Facebook ini gak pernah ketinggalan zaman, bahkan bisa dibilang selalu berinovasi sehingga bisa bersaing dengan media sosial lainnya yang lebih digandrungi oleh anak muda zaman sekarang. Facebook paham nih masyarakat kebanyakan sekarang lebih suka belanja online dibanding cara konvensional, maka mereka mengembangkan fitur digitalnya dengan meluncurkan Facebook Marketplace sebagai pengembangan dari Facebook Group. Kerennya, marketplace yang disediakan Facebook ini cakupan segmentasinya luas banget! Ada yang jualan targetnya business to consumer, ada yang business to business, sampai consumer to consumer. Poin plusnya adalah, marketplace di Facebook ini secara otomatis mengarahkan pengguna untuk menelusuri barang carian di wilayah sekitarnya yang terdekat. Sesuai dengan Facebook yang bisa bersaing dengan caranya sendiri nih, penggunanya juga kecipratan karakter yang sama. Facebookers ini cenderung memiliki karakter yang objektif dan menyukai hal-hal konvensional. Kalau klik sama barangnya, gaspol COD-an aja gan!


Jadi, udah tau belum nih karakter kamu yang mana peeps? Cek juga teman-temanmu yang lain, bener gak sih analisis seru-seruan ini terjadi di sekitarmu? Perlu diingat ya peeps, konten di atas bersifat hiburan semata aja. Jangan sampai temanmu kebingungan karena tiba-tiba diberi label “Si Facebookers” hanya karena dia bergaya vintage, hihi.



Referensi

Fat Bit Technologies. 2015. “Clone Worthy Script Features to Create P2P Handmade and Unique Goods Marketplace.” FATbit Blog. April 17, 2015. https://www.fatbit.com/fab/clone-worthy-script-features-create-unique-p2p-handmade-goods-marketplace/

Ku, Mary. 2016. “Introducing Marketplace: Buy and Sell with Your Local Community - about Facebook.” About Facebook. October 3, 2016. https://about.fb.com/news/2016/10/introducing-marketplace-buy-and-sell-with-your-local-community/

Media, Kompas Cyber. 2022. “Cara Berjualan Online Di Facebook Marketplace Halaman All.” KOMPAS.com. February 9, 2022. https://money.kompas.com/read/2022/02/09/110100126/cara-berjualan-online-di-facebook-marketplace?page=all


Share it:

Entertainment

Post A Comment:

0 comments: