Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Mobile Logo Settings

Mobile Logo Settings
image

Tags

Kekayaan Kerajaan Arab Saudi dan Komposisi The Big Four, Ada Benzema Hingga Ronaldo

Share it:

 Kekayaan Kerajaan Arab Saudi dan Komposisi The Big Four, Ada Benzema Hingga Ronaldo


            Investasi besar-besaran negara Timur Tengah dalam mengembangkan manuver sepak bolanya sangat terlihat dalam beberapa tahun ke belakang dengan menghadirkan sejumlah pemain top liga Eropa. Diantara negara tersebut, salah satunya adalah negara raja minyak, Arab Saudi yang memiliki 75% saham utama klub Al-Ittihad, Al-Nassr, Al-Ahli, dan Al-Hilal berdasarkan unggahan Twitter Kementerian Olahraga Arab Saudi (06/06). Tiga diantara klub-klub tersebut berada di kelas papan atas Liga Pro Arab Saudi, sedangkan Al-Hilal berada di kasta kedua liga sepak bola Arab Saudi. Langkah ini dilatarbelakangi oleh prestasi keempat klub tersebut- The Big Four, yang merajai klasemen SPL (Saudi Pro League). 

Privatisasi ini merupakan strategi yang diprakarsai oleh Ketua PIF (Public Investment Fund), Putra Mahkota Mohammed Bin Salman. PIF adalah lembaga dana publik milik pemerintah yang mendanai sebagian saham klub-klub tersebut. Privatisasi ini menandakan tidak akan ada keterbatasan untuk menghadirkan pemain-pemain elit di keempat klub tersebut dan dapat meningkatkan pasar SPL.

Kabar transfer pemain yang paling menghebohkan jagat persepakbolaan adalah ketika Ronaldo ditarik Al Nassr pada periode 2023 sampai 2025. Bagaimana tidak, bayaran yang diterima Ronaldo selama 2,5 periode di Al Nassr ditafsir mencapai Rp8,1 triliun. Sebelum Ronaldo, terdapat beberapa pemain top Eropa yang pernah berlabuh ke beberapa tim SPL seperti Sebastian Giovinco (Juventus) di Al-Hilal, David Ospina (Arsenal) di Al-Nassr, M’Baye Niang (AC Milan) di Al-Ahli, dan Sulley Muntari (AC Milan) di Al-Ittihad. Jumlah transfer pemain tersebut dapat dikategorikan jauh lebih sedikit dengan jumlah transfer yang dilakukan Arab Saudi pasca privatisasi empat klub Saudi. Pemain-pemain yang dikonfirmasi akan turut membantu tim SPL di periode 2023 diantaranya ada eks pemain Chelsea, Hakim Ziyech di tim Al-Nassr, Karim Benzema dan N’ Golo Kante di Al-Ittihad hingga Kalidou Koulibaly di Al-Hilal. 

Olahraga adalah salah satu strategi Arab Saudi dalam diversifikasi ekonominya. Arab Saudi merupakan negara pengekspor minyak terbesar kedua dengan pendapatan utamanya yang mengandalkan energi dan produk-produk dari senyawa hidrokarbon. Dinamika kebutuhan dan supply migas dunia yang mempengaruhi stabilitas ekonomi Arab Saudi menjadi faktor utama dibuatnya Rencana Strategis Saudi National Vision 2030. Melalui rencana strategis ini, pemerintah Arab Saudi berupaya membuka lapangan pekerjaan dengan berinduk pada PIF. Sisi lain yang coba dikembangkan Arab Saudi lewat sepakbola adalah citra negara di mata internasional kian meningkat dengan segala upaya investasinya dalam meningkatkan performa tim sepakbolanya yang tak terduga pada Piala Dunia 2022 lalu melalui promosi iklan dan sponsor, hingga pendanaan proyek Qiddiya yang bekerjasama dengan Perusahaan Investasi Qiddiya (QIC) untuk membangun kemitraan dengan Al-Nasr Football Club dan Al-Hilal Saudi Football Club dengan memberi dana sebesar US$ 26 juta per tahun per klub yang berlaku dari 2022 sampai 2024 dengan masa peninjauan setiap 5 tahun. 

Kerajaan menargetkan pendapatan Liga Pro Saudi meningkat menjadi 1,8 miliar riyal atau sekitar Rp 7,13 triliun per tahun pada 2030 dari 450 juta riyal saat ini. Pangeran MBS mengharapkan nilai pasarnya meningkat menjadi lebih dari 8 miliar dari 3 miliar riyal pada periode yang sama. Wah dominasi Arab Saudi ini luar biasa ya, peeps! Kita lihat saja kedepannya, apa lagi nih langkah ekspansi Arab Saudi di bidang sepakbola ini.

Referensi 

CNN Indonesia. 2023. “Baru Juga Debut, Ronaldo Bakal Ditawari Kontrak Baru Di al Nassr.” Olahraga. June 7, 2023. https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20230125104422-142-904572/baru-juga-debut-ronaldo-bakal-ditawari-kontrak-baru-di-al-nassr#:~:text=Ronaldo%20mendapat%20kontrak%20mewah%20bersama.

Duerden, John. n.d. “Why Has Saudi Sovereign Fund Taken over Kingdom’s Football Clubs?” Www.aljazeera.com. Accessed June 26, 2023. https://www.aljazeera.com/sports/2023/6/8/why-has-saudi-sovereign-wealth-fund-taken-over-football-clubs.

INDOSPORT.com. 2022. “3 Pemain Top Eropa Yang Main Di Liga Arab Saudi Sebelum Cristiano Ronaldo.” INDOSPORT.com. December 6, 2022. https://www.indosport.com/sepakbola/20221206/3-pemain-top-eropa-yang-main-di-liga-arab-saudi-sebelum-cristiano-ronaldo/sebastian-giovinco.

“Saudi Arabia’s Public Investment Fund Expands Its Investment in the Local Sports Sector.” n.d. Atalayar. https://atalayar.com/en/content/saudi-arabias-public-investment-fund-expands-its-investment-local-sports-sector.

Yunus, Sapto. 2023. “Dana Kekayaan Arab Saudi Kuasai 4 Klub, Termasuk al Nassr Yang Diperkuat Cristiano Ronaldo.” Tempo. June 7, 2023. https://bola.tempo.co/read/1734554/dana-kekayaan-arab-saudi-kuasai-4-klub-termasuk-al-nassr-yang-diperkuat-cristiano-ronaldo#google_vignette

Share it:

News

Post A Comment:

0 comments: