Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Mobile Logo Settings

Mobile Logo Settings
image

Tags

Strategi Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial

Share it:

 Strategi Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial

Source : Freepik
Source : Freepik

Di era yang serba maju saat ini, masyarakat banyak diuntungkan dalam berbagai bidang. Salah satunya yaitu berbisnis. Dengan adanya kemajuan teknologi, berbisnis dapat dengan mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Penggunaan media sosial dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan melalui media online. Dengan penggunaan media sosial yang efektif, penjual dapat memasarkan produknya dengan lebih mudah dan hemat biaya.

Penggunaan Media Sosial

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh We Are Social pada tahun 2019, dapat diketahui bahwa penggunaan media sosial di Indonesia saat ini telah mencapai 150 juta orang pengguna atau sekitar 57% dari jumlah penduduk Indonesia. Penggunaan media sosial paling banyak pada aplikasi Youtube, WhatsApp, Facebook, Instagram, Tiktok dan Line. Total penggunaan media sosial di Indonesia menghabiskan waktu rata-rata lebih dari 8 jam.

Berdasarkan data pengguna media sosial, para pelaku bisnis dapat berinovasi menggunakan media sosial dalam mempromosikan produknya sebagai media iklan. Penggunaan media sosial dalam berbisnis memiliki banyak manfaat, seperti dapat dengan mudah berinteraksi dengan konsumen dan banyak orang yang akan semakin mengenal produk kita. Lalu, bagaimana sih strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial? Simak penjelasan dibawah ya.

Strategi Penjualan yang Efektif Melalui Media Sosial

  1. Gunakan foto produk yang menarik

Sebagai pelaku bisnis yang baik tidak hanya dituntut untuk memperbanyak produksi barang saja. Pelaku bisnis wajib melakukan promosi agar produk yang dijual dapat bersaing di pasaran. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat foto produk sebaik dan semenarik mungkin. Penggunaan foto produk perlu memperhatikan nilai estetika agar terlihat lebih profesional. 

Foto produk yang menarik dapat menjadi ciri khas suatu merek bisnis. Menggunakan foto produk yang menarik dapat meningkatkan minat konsumen saat mencari produk/barang.

  1. Bekerja Sama Dengan Influencer

Dalam mencari sebuah produk yang berkualitas, biasanya konsumen akan melihat informasi produk tersebut melalui review dari internet atau media sosial. Dengan adanya kemajuan teknologi, berbagai cara dapat dilakukan oleh pelaku bisnis dalam memasarkan produknya, salah satu menggunakan jasa Influencer.

Influencer akan mempromosikan produk dari brand yang bekerja sama dengannya. Influencer digunakan karena memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang banyak sehingga mereka tertarik untuk membeli atau sekedar mencari tahu produk yang dipromosikan. 

  1. Penggunaan Sistem Affiliate Marketing

Penggunaan sistem affiliate saat ini tengah ramai digunakan oleh banyak orang. Sistem affiliate dinilai menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet dengan cara yang mudah karena tidak memerlukan produk sendiri. 

Sistem affiliate dapat digunakan oleh pelaku bisnis yang ingin menjual produknya dengan bantuan promosi dari orang lain. Cara kerja sistem affiliate yaitu affiliator menawarkan produk melalui tautan link atau kode unik, apabila ada yang membeli produk tersebut, affiliator akan mendapatkan komisi beberapa persen dari penjualan.

Dengan adanya penggunaan sistem affiliate ini, pelaku bisnis dapat mempromosikan produk secara luas sehingga produk tersebut dikenal oleh banyak orang.

  1. Manfaatkan Fitur Iklan

Penggunaan fitur iklan dalam penjualan online dapat membantu pelaku bisnis dalam mencapai target penjualan. Dengan menggunakan fitur iklan pelaku bisnis dapat mengetahui target market yang dituju. 

Fitur iklan akan selalu muncul pada beranda calon konsumen yang menurut analisisnya sesuai dengan target yang akan dituju sehingga calon konsumen dapat memiliki ketertarikan dengan produk yang diiklankan.

  1. Melakukan Sesi Live Selling

Kegiatan live streaming saat ini dapat menjadi strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk menjual produk secara interaktif. Calon pembeli dapat melihat bentuk produk yang jual dan dapat bertanya-tanya tentang produk yang dijual. Kegiatan promosi melalui sesi live selling banyak ditemui di aplikasi tiktok dan instagram.

Banyak dari para pelaku bisnis yang sangat diuntungkan dengan adanya live selling ini, penjualan dapat meningkat drastis karena pembeli sangat menyukai promosi dalam bentuk sesi interaktif. 




Share it:

Business

Post A Comment:

0 comments: