Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Mobile Logo Settings

Mobile Logo Settings
image

Tags

Simak 5 Tips Online Shopping yang On Budget dan On Point, Buat Kamu si Kaum Hemat!

Share it:

Simak 5 Tips Online Shopping yang On Budget dan On Point, Buat Kamu si Kaum Hemat!
















Di zaman yang serba canggih ini, siapa sih yang belum pernah menyentuh marketplace untuk berbelanja? Pengguna cuman rebahan tapi tau-tau barang udah diantar Mas Paket. Instan, gak capek, dan seringkali bikin gak sadar kalau wishlist udah 99+.


Kemudahan ini efisien banget kalau kita bisa menggunakannya dengan bijak. Beda cerita kalau kamu online shopping buat menuhin kalap semata. Bisa dipastikan kalau kemudahan itu malah jadi petaka. Tapi jangan khawatir peeps! Simak 5 tips di bawah ini biar belanja online kamu tetap on budget dan on point.


1. “Aku butuh gak ya barang ini?”

Pertanyaan ini harus sering-sering kamu ucapkan deh peeps. Ini semacam mantra yang ampuh banget untuk menurunkan keinginan kamu ketika mau checkout barang-barang yang ada di wishlist. Coba pikirin mateng-mateng deh peeps, kalau kamu gak beli itu, kamu akan kesulitan gak? Kalau nggak, berarti itu bukan kebutuhan melainkan hanya keinginan semata. Boleh banget kok kalau kamu mau dan bisa membeli keinginan kamu, tapi tetap utamakan penuhi kebutuhan kamu dulu ya!


2. “Budgetku cukup gak ya?”

Mantra nomor 1 sudah dilakukan tapi masih kalap? Mungkin kamu belum tau mantra manjur yang satu ini. 
Budgetku cukup gak ya?” 
Kalimat ini bukan sembarang kalimat loh peeps. Syaratnya, ketika kamu merapalkan kalimat ini, kamu cek dan listing juga budget yang kamu punya. Dijamin deh, pasti belanja online kamu akan tetap on budget dan on point.


3. “Coba kita lihat olshop sebelah sama gak ya harganya?"

Kecenderungan untuk membandingkan harga di e-commerce satu dan yang lainnya pasti gak bisa dihindarkan sih. Kita pasti akan mencari harga terendah dengan kualitas yang sama, belum lagi ditambah promo diskon tiap e-commerce yang berbeda-beda dan menggiurkan! Nah kebiasaan ini kurang bagus nih peeps karena kita cenderung akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk scroll nyari barang dengan maksud membandingkan harga. Gak cuman itu, kamu pasti sering impulsif kan dengan pilihan barang lain yang bahkan tadinya gak kepikiran untuk beli? Hayo ngaku siapa yang masih sering kayak gini?

4.  "Pay Later atau Pay Sooner ya?"

Siapa yang masih kepikiran untuk bayar belakangan, dapet barang duluan? Eits, tahan dulu deh peeps! Ayo cek lagi, apakah jumlah yang dibayarkan secara dicicil selama 12 bulan besarnya sama dengan bayar pelunasan saat itu juga? Udah pasti nggak dong, karena ada beban bunga dan biaya admin yang memberatkan kamu meskipun pembayaran dilakukan secara angsuran. Belum lagi risiko telat bayar karena hambatan tak diduga. Duh, jangan sampai kamu dikejar-kejar CS-nya sampai pusing sendiri, ya! Bagaimanapun, pembayaran yang dilunasi langsung adalah opsi terbaik ketika kamu belanja online karena gak usah pusing-pusing mikirin cicilan selanjutnya. Jadi, kalau sekiranya opsi pembayaran lunas mustahil dipilih, apa gak sebaiknya kamu pikir lagi sebelum mencicil?

5. Gak salah pilih olshop (online shop) memang!"

Tips terakhir akan sangat membantu niat kamu nih peeps, wahai kaum hemat dan on budget. Pintar-pintar pilih marketplace udah pasti jadi keahlian kaum hemat yang hunting promo dan diskon ongkos kirim biar menekan biaya pengeluaran. Jangan tergiur dengan tawaran cicilan atau promo cashback yang khusus buat penyicil aja. Justru, disitulah iman, ketelitian, dan konsentrasi kamu diuji untuk hitung-hitung cermat dulu sebelum checkout barang. Apa gak sakit hati kalau udah milih nyicil, bunganya besar, taunya barangnya gak sesuai ekspektasi? Duh, kebayang gimana nyeseknya. Coba deh peeps cari marketplace yang kualitas barangnya terjamin, harga paling miring, dan yang pasti gak anti komplain! 
Salah satu marketplace yang menjamin dana pembeli sebelum barang diterima adalah Plasgos. Disitu, kamu gak usah khawatir deh uang kamu gak bisa di refund kalau barangnya gak sesuai. Mereka menjamin uang pembayaran kamu aman karena dana pembeli akan ditahan di rekening Plasgos sebelum barang diterima dan tidak ada komplain. Tunggu apa lagi? Ayo cobain belanja di Plasgos!



Sumber :

Murniati, Desi. 2021. “5 Alasan Sebaiknya Kita Nggak Daftar Dan Pakai Shopee Paylater.” Terminal Mojok. April 27, 2021. https://mojok.co/terminal/5-alasan-sebaiknya-kita-nggak-daftar-dan-pakai-shopee-paylater/

detikNews. 2022. “5 Tips Hemat Belanja Bulanan Biar Nggak Kalap & Bikin Kantong Jebol.” Detiknews. December 1, 2022. https://news.detik.com/adv-nhl-detikcom/d-6430343/5-tips-hemat-belanja-bulanan-biar-nggak-kalap--bikin-kantong-jebol




Share it:

Entertainment

Post A Comment:

0 comments: